Senin, 24 Februari 2014

Pempek Ikan Tenggiri - Terima Pesan Snack, Cake,Ayam Kodok,Tumpeng,Nasi Box area Depok, Sawangan,Bogor, Jakarta dan sekitarnya

Pempek....

Makanan yang satu ini penggemarnya dimana-mana, dari anak kecil sampai orang tua...

Gurihnya ikan tenggiri berbalut asam manisnya cuko...ehhmmm
Iseng-iseng buat pempek ini karena ada permintaan khusus dari beberapa teman, dan anak saya juga selalu minta di buatkan.


 
 
Untuk resep saya biasa membuat sebagai berikut:
 
1. Daging ikan tenggiri yang sudah di lepas dari kulit dan tulang ikan 500 gr, telur 1 butir, air es 100 ml. Campur semua bahan hancurkan dengan tangan sampai ikan benar-benar hacur dan lembut (saya tidak menggunakan processor agar ikan benar-benar berasa). Sesudah ikan hancur dan tercampur dengan baik masukkan ke dalam freezer sebentar saja sekedar adonan menjadi kental.
 
2. Biang : Terigu 25 gr, bawang putih 3 suing di gerus sampai halus, garam 2 sdm, gula pasir 1 sdm, air 100 ml. Campur semua bahan menjadi satu lalu masak di atas api kecil sampai larut menjadi seperti vla, angkat dan diamkan sesudah dingin masukkan freezer, adonan sudah kental keluarkan.
 
3. Campur adonan ikan dan biang aduk rata dengan tangan sampai adonan tercampur sempurna. Apabila adonan sudah tercampur sempurna taburkan tepung sagu (siapkan +/- 500 gr tepung sagu), tepung sagu jangan langsung di tuang semuanya tapi sedikit demi sedikit. Adonan sebelum dibentuk akan tetap terasa lengket, untuk memudahkan membentuknya siapkan tepung sagu extra di mangkok, balurkan ke tangan kita dan mulai bentuk (lenjer,adaan,selam), sebelumnya siapkan air panas di atas kompor menyala, sambil membentuk adonan masukkan ke dalam air panas. Tanda pempek sudah matang dia akan mengambang.
 
 
4. Untuk adonan adaan, ikan tenggiri di campur santan, beri bawang goreng yang dihaluskan kasar dan daun bawang yang diiris tipis.
 
 
5. Adonan  Cuko: gula merah yang hitam , asem jawa, cabai, bawang putih, air rebusan, garam (untuk takaran semua di kira-kira karena semua sesuai selera.
Campur semua bahan, untuk cabai dan bawang putih di blender terlebih dahulu. Masak semua bahan sampai air menjadi suruh 3/4 nya. lalu saring.
 
Pempek siap di sajikan dan selamat mencoba, kalau suka bias di tambah ebi yang disangrai terlebih dahulu lalu tumbuk sampai halus dan taburkan saat penyajian.

Tidak ada komentar: