Selasa, 21 Januari 2014

Bubur kacang hijau Vla durian/Challange#1YKMK 2014(JPTI)





Baru bergabung di group Your Kitchen My Kitchen dengan salah satu admin mba Veronica Dhani yang baik dan ramah, saya mencoba memberanikan diri mengikuti event challange#1 YKMK dengan tema "Jajanan Pasar Tradisional Indonesia (JPTI)".
Kebetulan saat ini Indonesia sedang musim hujan yang luar biasa sampai banjir di mana-mana. Dan kebetulan lagi di saat cuaca yang demikian dingin ini lengkap isi keluarga kami (suami,saya dan anak tersayang). Iseng mau buat apa untuk menghangatkan tubuh di sore hari terbersit lah "Bubur Kacang Hijau di tambah vla durian medan".

Resep bubur kacang hijau:
Santan kara 1sachet, air 500 ml, kacang hijau 150 gr, gula pasir 75 gr, gula jawa 50 gr, garam 1 sdt.
Berhubung saya suka bubur rasa manis saya memakai takaran gula seperti yang saya sebutkan dan untuk yang tidak suka manis bisa dikurangkan (semua balik ke selera masing-masing).
Caranya:
Masak 500 ml air sampai mendidih, lalu masukkan kacang hijau yang sudah dicuci bersih, apabila kacang hijau sudah merekah masukkan gula pasir,gula jawa,garam dan daun pandan 1 lembar ukuran besar yang sudah di cuci bersih lalu sobek2 atau bentuk ikat,aduk sampai gula larut lalu kecilkan api masukkan santan aduk sampai santan tercampur rata dan mendidih.Lalu matikan kompor dan sisihkan.

Resep Vla durian:

Saya memakai daging durian beku yang bisa dibeli lewat online. 1 sdm daging durian di larutkan dengan 150 ml air dan di tambah SKM 1sdm, masak sampai mendidih dengan api sedang, sesudah mendidih masukkan larutan 1 sdt maizena yang dilarutkan dengan 25 ml air, aduk sampai kental.

Sajikan bubur kacang hijau di wadah beri vla durian di atas nya, siap di sajikan saat hangat, dan enak juga di sajikan saat dingin kulkas.

Selamat mencoba.

2 komentar:

REALKitchen24 mengatakan...

Terima kasih untuk ikut serta dalam Challenge #1 YKMK 2014, success.

DapoerOmaHans mengatakan...

Terima kasih juga buat mba lynda dan mba vero, Host YKMK yang ramah dan baik hati...sukses juga buat mba lynda yaa...