Selasa, 21 Januari 2014

Cake with Ganache Coklat - Terima Pesan Snack, Cake,Ayam Kodok,Tumpeng,Nasi Box area Depok, Sawangan,Bogor, Jakarta dan sekitarnya

COKLAT

Adakah yang tidak suka coklat? Sepertinya lebih banyak yang suka dan sedikit yang tidak suka. Apalagi di padukan dengan cake. Cake yang dilapisi dengan coklat ada sensasi yang luar biasa di mulut dan dapat menghilangkan stress tapi menimbulkan trauma kenaikan berat badan (just joke...hehhee).

Lapisan coklat di cake biasanya di sebut Ganache. Resep ganache yang saya buat untuk cake hias foundant biasanya perbandingan 1:2 (whipcream+coklat batangan), tapi kalau untuk siram biasa saya memakai 1:1,5, untuk olesan dalam saya cukup memakai perbandingan 1:1.

Resep ganache yang biasa saya pakai adalah:

whipcream cair (merk R***)100 ml,Dark chocolate cooking (DCC)100gr,150 gr,200 gr, Minyak zaitun 1 sdm.
Caranya sangat mudah: cairkan coklat dengan cara di tim, sebelumnya coklat dipotong-potong kecil dahulu agar memudahkan coklat mencair, pada saat coklat di tim aduk coklat secara perlahan-lahan agar tekstur terjaga. Sesudah coklat mencair sisihkan. Lalu di tempat terpisah panaskan whipcream dengan cara di tim atau diatas kompor dengan api kecil. Apabila sekeliling wadah whipcream sudah terlihat berbuih matikan kompor lalu tuang coklat cair aduk rata tambahkan minyak zaitun aduk rata dan sisihkan.

Jangan langsung menuang ganache yang baru matang dari kompor ke cake, karena lapisan cake akan lumer, sebaiknya istirahatkan sebentar 3-5 menit.

Cake yang akan di siram ganache sebaiknya di lapisi dahulu dengan Butter Cream dan dinginkan di kulkas, tapi jangan terlalu dingin karena akan membuat ganache saat di siram menjadi beku dan hasilnya tidak cantik.

Berikut ini contoh cake yang di siram ganache


Selamat mencoba, kalau gagal jangan kapok ya dan terus berusaha, kalau kapok juga pesen aja ke saya.....

1 komentar:

anera mengatakan...

siang oma,, boleh aya bertanya.. saya pernah mencicipi kue kering yg d lapisi coklat,, rasa nya ada sensasi dingin ktika memakan kue tersebut. bahan apa yg bisa membuat sensasi dingin tersebut ??