Selasa, 21 Januari 2014

AYAM KODOK - Terima Pesan Snack, Cake,Ayam Kodok,Tumpeng,Nasi Box area Depok, Sawangan,Bogor, Jakarta dan sekitarnya



AYAM KODOK








Ayam kodok

Makanan yang satu ini begitu fenomenal, potongan dagingnya begitu membuat kita yang menikmatinya selalu ingin lagi dan lagi....hehehhehe (hati-hati buat yang diet). Pesanan ayam kodok pun biasanya pada moment-moment tertentu (seperti: ulang tahun, anniversary, hari raya dll), harga jual pun terbilang lumayan (tapi... ada harga ada rasa).

Untuk resep Ayam Kodok yang biasa saya buat :
1 ekor ayam negeri (pilih kulit yang masih berwarna cerah putih agak pink, jangan yang berwarna pucat kekuningan karena akan mudah robek pada saat kulit di bedah), daging ayam/sapi giling 100 gr, roti tawar tanpa kulit 3 lembar, susu cair secukupnya untuk melarutkan roti tawar (kurang lebih 100-150 ml), telur utuh 1(50 gr), biji pala bubuk 1 sdt, merica bubuk 1/2 sdt(selera), garam 1,5 sdt, gula pasir 2sdt, bubuk kaldu rasa ayam 2 sdt (1sachet).

Caranya:
Sebelum menguliti ayam pastikan kondisi kuku kita tidak ada yang panjang dan pastinya harus bersih ya. kuliti ayam dengan cara memasukkan jari kita sambil dipisahkan daging dan kulit (kita mulai dari bagian bawah ayam. apabila sudah sampai setengah badan cari tulang lunak di bagian paha, lalu potong sampai paha terlepas dari bagian badan. Lalu lanjutkan mengulitinya sampai bagian sayap. Cari lagi bagian tulang lunak di sayap dan potong seperti di bagian paha. Pisahkan semua dan keluarkan badan ayam dari kulit yang sudah di lepas. Lalu jahit bagian bawah badan (dari ekor ayam sampai paha, gunakan benang yang warnanya terang agar mudah terlihat). Lalu sisihkan kulit.
Badan ayam yang sudah terlepas dari kulitnya daging di fillet (pisahkan dari tulang), daging fillet kita chopper, sesudah halus campurkan dengan roti yang sudah dihaluskan dengan susu cair lalu chopper lagi sampai halus, masukkan bumbu-bumbu (biji pala bubuk, garam,gula,merica,kaldu bubuk)sesudah rata masukkan telur kocok lagi dengan chopper sampai halus dan rata.

Daging yang sudah halus keluarkan lalu masukkan ke dalam plastik segitiga (Piping Bag-biasa digunakan untuk mendecor cake, dapat dibeli di TBK (Toko Bahan Kue), daging yang sudah dimasukkan ke piping bag semprotkan ke dalam kulit ayam lewat bagian leher (karena bagian bawah sudah dijahit) semprotkan sampai bagian paha lalu masukkan kanan kiri paha telor rebus masing-masing satu telur, lanjutkan lagi semprot dengan daging sampai bagian sayap, beri telur rebus kembali dibagian sayap satu persatu, lanjutkan kembali sampai adonan habis, dan padatkan agar bentuk ayam kodok bagus.
Lalu jahit kembali bagian atas (leher). Siapkan wadah kukusan yang sudah panas airnya dan api jangan terlalu besar karena akan merusak kondisi kulit ayam. Kukus ayam selama 30-45 menit. Sebelumnya tusuk-tusuk kulit ayam dengan jarum, di menit ke 10 beri olesan (mentega, kecap,merica,pala bubuk), olesan diberi setiap 15 menit. Pada saat sudah matang angkat dan oven selama 30 menit dengan suhu oven 160 derajat, beri olesan yang ditambahi madu. Apabila suka rasa pedas di kulitnya bisa di tambahin cabai bubuk atau lada hitam yang di haluskan. Agar saat memanggang ayam kodok tidak lengket di loyang gunakan alumunium foil.

Resep kuah:

Tulang ayam di rebus dengan 500 ml air (sisihkan air kaldu dan tulang-tulang). Tumis 1 bawang bombay yang di cincang, 2 siung bawang putih cincang,sudah harum masukkan air kaldu, tambahkan 1 sdm saos tomat, 3 sdm kecap manis, gula,garam, biji pala, merica, kaldu, kecap inggris 1 sdm, sesudah mendidih kecilkan api masukkan larutan 4 sdm maizena yang dilarutkan dengan 100 ml air, aduk sampai kental dan mendidih, matikan api.

Siapkan perlengkapan lainnya, seperti kentang goreng, pure kentang, sayur mayur.Silahkan mencoba,semoga resep saya ini cocok ya, karena resep sama belum tentu rasa sama, kalau ada yang kurang cocok dan susah buatnya bisa pesan di saya atau kursus aja di saya....(tetep promosi nich hehhhe..)




Tidak ada komentar: